AMAZING GOWES 2014 : MENINGKATKAN KUALITAS PESEPEDA SANTAI


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung dan memberikan perhatian kepada semua pihak yang telah turut serta mempromosikan kepariwisataan Indonesia, baik melalui penyelenggaraan even maupun penyampaian informasi dengan menggunakan media. Amazing Gowes merupakan sebuah bentuk olahraga rekreasi yang berbentuk aktifitas bersepeda santai melalui rute wisata.
Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau lebih dikenal sebagai Car Free Day bertujuan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor, telah menjadi bagian tak terpisahkan dengan komunitas pesepeda santai. Hiruk pikuk kawasan car free day telah menjadi wahana interaksi masyarakat pecinta ramah lingkungan untuk memberikan manfaat bagi lingkungan kotanya maupun untuk diri sendiri.
Tourism Journalist Society berinisiatif mengadakan Amazing Gowes 2014 dalam rangka menyambut event besar tahunan wisata olahraga Tour De Singkarak di Sumatera Barat Juni mendatang sekaligus mempromosikan destinasi wisata bersejarah di Ibu Kota. Kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta serta Dinas Perhubungan DKI.
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Sapta Nirwandar mengatakan, Event sepeda santai kali ini dilaksanakan selain mempromosikan wisata olahraga dan pemanasan menuju Tour de Singkarak (TdS) juga mengajak masyarakat ibukota untuk lebih mengenal destinasi bersejarah di Jakarta melalui rute yang ditentukan.
“Event semacam Amazing Gowes seperti ini akan lebih baik jika dilakukan tidak hanya setahun sekali dan tidak hanya di Jakarta karena selain mempromosikan wisata olahraga, kegiatan ini juga mempromosikan destinasi, khususnya di Jakarta. Pilihan rute nya juga sangat menarik, tentunya berbeda dengan lainnya karena di setiap etape peserta wajib memecahkan soal yang diberikan." katanya usai mengikuti gowes di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Minggu (1/6).
Amazing Gowes 2014, Fun Bike yang digagas oleh Tourism Journalist Society ini dikemas dengan konsep amazing race,menggabungkan unsur petualangan dalam melalui rute Bundaran HI, Taman Ismail Marzuki, dan Taman Prasasti serta unsur tantangan dan Kecanggihan Teknologi dalam memecahkan soal yang diberikan dan wajib menjawabnya melalui aplikasi WhatsApp sebagai syarat pemenang utama.
Event ini menarik perhatian beberapa sponsorship seperti Telkom Indonesia, Coca-Cola Amatil Indonesia, Garuda Indonesia, Volt, Wall’s, Taman Impian Jaya Ancol, Waterbom Jakarta Pantai Indah Kapuk, Best Western Hotel Mega Kuningan, Best Western Hariston Hotel Pluit, Best Western Mangga Dua Hotel, Giant, Polo Lounge dan Mercantile Athletic Club bahkan mereka mengambil bagian untuk turut serta menggowes sepeda melalui rute yang ditentukan.
Sekretaris Jenderal Kemenparekraf, Ukus Kuswara, menjelaskan peserta yang ikut di Amazing Gowes ini juga keliling ke tempat-tempat wisata. Hal ini mendukung pihaknya dalam mempromosikan tempat-tempat destinasi di ibukota. Selain bisa menambah kebugaran, even ini memiliki arti luas.
“Ada beberapa etape yang harus dilewati dan melihat sebagian tempat-tempat wisata kita termasuk juga museum-museum yang tersebar. Mengenal wisata sekaligus membuat hidup lebih sehat dengan melakukan sepeda santai karena memberikan banyak manfaat dan memanfaatkan momen car free day,” ucapnya.
Sementara, Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya, Ahman Sya, menegaskan acara yang digelar kali ini seperti membangun budaya. Seperti pesta tradisi, yang harus terus ditingkatkan karena berdampak positif bagi semua pihak.
”Melihat keramaian di momen car free day, ada suatu budaya yang harus terus dijaga. Menjaga alam dengan mengurangi polusi udara lewat sepeda santai yang tiap minggu diprogramkan Pemda DKI Jakarta,” ungkapnya.
Baginya, hal itu berdampak positif baik untuk warga sekitar yang menjaga kualitas lingkungan dan udara di ibukota. Momen ini seperti sebuah pesta rakyat. Ada tradisi yang harus terus dijaga dengan beragam kegiatan positif untuk kepentingan bersama.
Kegiatan Amazing Gowes yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day setiap hari minggu ini dimeriahkan dengan penampilan band Superglad dan diikuti oleh peserta dari Bulgaria dan Belanda.

BERITA

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Rencana Aksi Program Asistensi Tata Kelola Destinasi Pariwisata Khusus Cluster Tanjung Puting
Pada hari Rabu tanggal 1 Nopember 2017, telah diadakan rapat koordinasi tindak lanjut aksi program...Read More

Kegiatan Koordinasi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Kotawaringin Barat ke Kantor Balai Taman Nasional Tanjung Puting.
Kepala Dinas Pariwisata Kab. Kotawaringin Barat dalam hal ini Bpk. Drs. H. Gusti. M. Imansyah,...Read More

Apel Di Lingkungan Kantor Dinas Pariwisata Kab. Kotawaringin Barat
Bpk. Drs. H. Gusti M. Imansyah, M. Si, selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat...Read More

Rapat Evaluasi Kegiatan Liburan Idul Fitri 1438 H di Kawasan Wisata Pantai Kubu
Mengevaluasi kegiatan dan kekurangan/kendala yang terjadi di lapangan untuk diperbaiki agar kegiatan serupa di tahun...Read More

Rapat dengar pendapat dengan pelaku seni dalam rangka rencana kegiatan bidang Ekonomi Kreatif T.A 2018
Kegiatan ini adalah sebagai wadah komunikasi antara pelaku seni dan Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata...Read More


[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]