Festival Keraton Nusantara X


Festival Keraton Nusantara X dilaksanakan pada tanggal 09-12 Oktober 2016, kegiatan ini merupakan event/kegiatan yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dan tahun 2016 ini Kabupaten Kotawaringin Barat terpilih menjadi tuan rumah, Festival Keraton Nusantara dihadiri 65 Kerajaan dan Kesultanan yang ada di Indonesia. Dalam rangkaian kegiatan tersebut sangat meriah dan masyarakat antusias untuk melihat semua acara yang diadakan panitia.
Penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara (FKN) X Tahun 2016 diharapkan dapat memberi kesan khusus bagi para tamu undangan di dalam dan di luar negeri yang hadir. Berbagai acara kegiatan bernuansa budaya khas Kesultanan Kutaringin, Kerajaan dan Keraton dari berbagai daerah disiapkan untuk menyemarakkan FKN X. Seperti pawai atau kirab budaya dan prajurit Keraton di Stadion Sampuraga, pameran benda pusaka dan masakan khas keraton di Istana Kuning, Pagelaran Busana di halaman Istana Kuning, pagelaran tari dan pasar rakyat di Eks Jabatan Bupati (Rujab), seminar kebudayaan di aula Universitas Antakusuma, welcome dinner di Ballrom Hotel Swiss Bellin dan asih ada banyak kegiatan lainnya.
Festival Keraton se-Nusantara merupakan upaya pelestarian nilai-nilai budaya bangsa Indonesia. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau diantara lautan adalah kekayaan yang sejak dari zaman dulu menghiasi keragaman khasanah budaya nusantara. Keragaman etnis, latar belakang budaya, dan agama yang dimiliki oleh kepulauan-kepulauan di Nusantara merupakan warisan peradaban kerajaan-kerajaan di Nusantara pada masa lalu.
Bangsa Indonesia yang berdiri di atas pilar-pilar peradaban kerajaan-kerajaan di Nusantara sebagai sebuah Negara Kesatuan tidak mungkin melepaskan diri dari kehidupan dunia. Tarik menarik kepentingan global sebagai bangsa dalam kehidupan berbangsa di dunia dengan kepentingan lokal mempengaruhi keberadaan kerajaan-kerajaan di Nusantara baik langsung maupun tidak langsung. Kenyataan inilah yang tidak dapat diingkari bahwa keberadaan keragaman peradaban keraton-keraton masa lalu di Nusantara menjadi wahana yang rawan menimbulkan persoalan yang mampu memporak-porandakan bangsa indonesia sebagai sebuah "Taman" dengan berbagai keragaman tanaman.
Usaha mempertahankan keutuhan dan kelestarian sebuah "Taman Nusantara" dengan ragam khasanah kebudayaan yang tersebar di antara pulau-pulau yang terbentang sebagai wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia diperlukan penyusunan langkah/program-program yang mendasarkan pada budaya lokal. Yang disepakati dan dilaksanakan secara berkesinambungan oleh segenap warga bangsa Indonesia.
Festival Keraton Nusantara adalah gagasan para pewaris pendiri bangsa Indonesia. Dimulai tahun 1995 dalam FKN I di Surakarta, Jawa Tengah, para pewaris pendiri bangsa yang terdiri dari Raja, Sultan, dan Pemangku Adat se-Nusantara menyepakati berdirinya Forum Komunikasi dan Informasi Keraton se Nusantara atau yang disingkat FKIKN dengan salah satu kegiatannya melaksanakan Festival Keraton Nusantara (FKN) setiap 2 (dua) tahun sekali secar bergantian dimasing-masing wilayah/daerah di Nusantara.

BERITA

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Rencana Aksi Program Asistensi Tata Kelola Destinasi Pariwisata Khusus Cluster Tanjung Puting
Pada hari Rabu tanggal 1 Nopember 2017, telah diadakan rapat koordinasi tindak lanjut aksi program...Read More

Kegiatan Koordinasi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Kotawaringin Barat ke Kantor Balai Taman Nasional Tanjung Puting.
Kepala Dinas Pariwisata Kab. Kotawaringin Barat dalam hal ini Bpk. Drs. H. Gusti. M. Imansyah,...Read More

Apel Di Lingkungan Kantor Dinas Pariwisata Kab. Kotawaringin Barat
Bpk. Drs. H. Gusti M. Imansyah, M. Si, selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat...Read More

Rapat Evaluasi Kegiatan Liburan Idul Fitri 1438 H di Kawasan Wisata Pantai Kubu
Mengevaluasi kegiatan dan kekurangan/kendala yang terjadi di lapangan untuk diperbaiki agar kegiatan serupa di tahun...Read More

Rapat dengar pendapat dengan pelaku seni dalam rangka rencana kegiatan bidang Ekonomi Kreatif T.A 2018
Kegiatan ini adalah sebagai wadah komunikasi antara pelaku seni dan Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata...Read More


[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8]